Jumat, 13 Januari 2012

RPP DAN SILABUS IPS

NAMA SEKOLAH : SMK KETOPONG TENGGARONG
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
KELAS/SEMESTER : X/1
STANDAR KOMPETENSI : Memahami kehidupan sosial manusia
KODE KOMPETENSI : 1
ALOKASI WAKTU : 12 X 45 menit

Kompetensi Dasar Indikator Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
TM PS PI
1.1 Mengidentifikasi interaksi sebagai proses sosial
 Interaksi sosial dijelaskan berdasarkan pengertiannya
 Proses sosial dijelaskan berdasarkan pengertiannya
 Interaksi sosial diidentifikasi menurut syarat-syaratnya
 Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya • Pengertian interaksi sosial
• Pengertian proses sosial
• Syarat interaksi sosial  Mengkaji referensi mengenai interaksi sosial berdasarkan pengertiannya
 Mengkaji referensi mengenai proses sosial berdasarkan pengertiannya
 Berdiskusi kelas tentang syarat interaksi sosial  Tes lisan
 Tes tertulis
 Pengamatan 4 - -
 Buku-buku ERLANGGA
 Buku-buku pegangan guru Penerbit Erlangga
 Koran
 Alam S
 Henry Hidayat
 Lingkungan sosial sekitar


1.2 Mendeskripsikan sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian
 Sosialisasi dijelaskan berdasarkan pengertiannya
 Sosialisasi diidentifikasi menurut media yang dilalui
 Pembentukan kepribadian dideskripsikan menurut faktor-faktor yang mempengaruhinya
 Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara bergaul dan bekerjasama dengan orang lain
• Pengertian sosialisasi
• Media sosialisasi
• Faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan kepribadian  Berdiskusi kelas tentang sosialisasi berdasarkan pengertiannya
 Tugas kelompok mengenai sosialisasi menurut media yang dilalui
 Berdiskusi tentang pembentukan kepribadian menurut faktor-faktor yang mempengaruhinya • Tes lisan
• Tes tertulis
• Performansi
• Pengamatan
• Portofolio 4 - -
1.3 Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial • Interaksi primer diidentifikasi berdasarkan fenomena sosial di lingkungan sekitar
• Interaksi sekunder diidentifikasi berdasarkan fenomena sosial di lingkungan sekitar
• Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan kepada oranag lain dan masyarakat yang membutuhkan • Interaksi primer
• Interaksi sekunder • Mengamati tentang interaksi primer berdasarkan fenomena sosial di lingkungan sekitar
• Tanya jawab tentang interaksi sekunder berdasarkan fenomena sosial di lingkungan sekitar • Tes lisan
• Tes tertulis
• Portofolio
• Pengamatan 4 - -
























NAMA SEKOLAH : SMK KETOPONG TENGGARONG
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
KELAS/SEMESTER : X/1
STANDAR KOMPETENSI : Memahami Proses Kebangkitan Nasional
KODE KOMPETENSI : 2
ALOKASI WAKTU : 22 x 45 menit

Kompetensi Dasar Indikator Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
TM PS PI
2.1 Menjelaskan proses perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat serta pengaruh yang ditimbulkannya di berbagai daerah
• Proses perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat dijelaskan berdasarkan pengaruh yang ditimbulkan di berbagai daerah
• sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajari dilihat dan didengar • Latar belakang kedatangan orang-orang Eropa di dunia Timur
• Masuknya kekuatan asing di Nusantara melalui kongsi perdagangan, perluasan kolonialisme dan imperialisme Barat serta terbentuknya pemerintahan Hindia-Belanda, Sistem Tanam paksa, Sistem Politik Pintu Terbuka dan Politik Etis
• Dampak sosial, ekonomi, politik, dan budaya akibat kolonialisme dan imperialisme Barat di Nusantara
• Perlawanan rakyat dan kerajaan-kerajaan di Nusantara dalam menentang kolonialisme dan imperialisme Barat

• Mendiskusikan latar belakang kedatangan orang-orang Eropa di dunia Timur
• Mencari sumber informasi tentang masuknya kekuatan asing di Nusantara melalui kongsi perdagangan perluasan kolonialisme dan imperialisme Barat serta terbentuknya pemerintahan Hindia-Belanda, Sistem Tanam Paksa, Sistem Politik Pintu Terbuka dan Politik Etis
• Mengidentifikasi dampak sosial, ekonomi,politik dan budaya akibat kolonialisme dan imperialisme di Nusantara
• Berdiskusi kelas mengenai perlawanan rakyat dan kerajaan-kerajaan di Nusantara dalam menentang kolonialisme dan imperialisme • Tes tertulis
• Tes lisan
• Observasi
• Performansi
• Portofolio 14 - -  Buku-buku ERLANGGA
 Buku-buku pegangan guru Penerbit Erlangga
 Koran
 Alam S
 Henry Hidayat
 Lingkungan sosial sekitar

Kompetensi Dasar Indikator Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu
TM PS PI
2.2 Menguraikan proses terbentuknya kesadaran nasional, identitas Indonesia dan pergerakan kebangsaan Indonesia • Proses terbentuknya kesadaran nasional, identitas nasional, identitas Indonesia dan pergerakan kebangsaan Indonesia diidentifikasi sesuai dengan corak perjuangannya




• Cara berfikir, bersikap dan berbuat yang membutuhkan kesetiaan, kepedulian dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi dan poltik bangsa • Faktor-faktor yang melatarbelakangi munculnya pergerakan nasional di Indonesia (faktor internal dan eksternal)
• Perkembangan pendidikan dan awal munculnya kesadaran nasional
• Bentuk dan strategi organisasi pergerakan Nasional Indonesia


• Gagasan persatuan dan kesatuan bangsa serta terbentuknya identitas kebangsaan Indonesia • Mendiskusikan faktor-faktor yang melatarbelakangi pergerakan nasional di Indonesia (faktor internal dan eksternal)
• Mendiskusikan perkembangan pendidikan dan awal munculnya kesadaran nasional
• Menganalisis bentuk dan strategi organisasi pergerakan Nasional Indonesia
• Mendiskusikan gagasan persatuan dan kesatuan bangsa serta terbentuknya identitas kebangsaan Indonesia
• Tes tertulis
• Tes lisan
• Performansi
• Portofolio
8 - -  Buku-buku ERLANGGA
 Buku-buku pegangan guru Penerbit Erlangga
 Koran
 Alam S
 Henry Hidayat
 Lingkungan sosial sekitar



NAMA SEKOLAH : SMK KETOPONG TENGGARONG
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
KELAS/SEMESTER : X/2
STANDAR KOMPETENSI : Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi
KODE KOMPETENSI : 3
ALOKASI WAKTU : 12 x 45 menit

Kompetensi Dasar Indikator Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
TM PS PI
3.1 Mengidentifikasi kebutuhan manusia  Kebutuhan manusia dideskripsikan sesuai dengan pengertiannya

 Kebutuhan manusia diindentifikasikan sesuai dengan macamnya


• Faktor yang mempengaruhi kebutuhan diidentifikasi sesuai dengan sifatnya
Kebutuhan Manusia
• Pengertian Kebutuhan
• Macam-macam kebutuhan


• Faktor yang mempengaruhi kebutuhan
• Mencari informasi tentang : pengertian kebutuhan, macam-macam kebutuhan manusia melalui berbagai macam sumber.

• Mendiskusikan secara berkelompok bermacam-macam kebutuhan manusia di daerah tempat tinggal siswa.


• Mendiskusikan secara berkelompok faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan di daerah tempat tinggal siswa.
• Tes lisan
• Tes tertulis
• Pengamatan 2
- -  Buku-buku ERLANGGA
 Buku-buku pegangan guru Penerbit Erlangga
 Koran
 Alam S
 Henry Hidayat
 Lingkungan sosial sekitar

3.2 Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
• Benda pemuas kebutuhan manusia diidentifikasi sesuai dengan jenis dan kegunaannya
• Kelangkaan dideskripsikan sesuai dengan pengertiannya • Jenis-jenis dan kegunaan benda pemuas kebutuhan manusia

• Pengertian kelangkaan
• Mendiskusikan secara berkelompok mengenai jenis dan kegunaan benda pemuas kebutuhan manusia serta contoh-contohnya dari berbagai sumber

• Mendiskusikan arti dan faktor penyebab kelangkaan di daerah setempat dan sekitarnya. • Tes tertulis
• Tes lisan
• Pengamatan
• Penugasan 4 - -


Kompetensi Dasar Indikator Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
TM PS PI
• Kelangkaan diidentifikasikan sesuai dengan faktor-faktor penyebabnya.

• Biaya peluang diidentifikasikan sesuai dengan pengertiannya

• Contoh biaya peluang ditunjukkan sesuai dengan penyebabnya




• Berfikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki

• Faktor penyebab kelangkaan

• Pengertian biaya peluang.

• Contoh biaya peluang pada kesempatan kerja.
• Mendiskusikan kegiatan pemilihan pemuasan kebutuhan untuk menemukan konsep biaya peluang.

• Mendiskusikan contoh biaya peluang pada kesempatan kerja bila melakukan produksi di bidang lain  Buku-buku ERLANGGA
 Buku-buku pegangan guru Penerbit Erlangga
 Koran
 Alam S
 Henry Hidayat
 Lingkungan sosial sekitar

3.3 Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi, yaitu tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi  Barang dan jasa diidentifikasi kan sesuai dengan apa, bagaimana, dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi

• Sistem ekonomi dideskripsikan sesuai dengan pengertiannya

• Sistem ekonomi dideskripsikan sesuai dengan macamnya

• Sistem ekonomi diidentifikasikan sesuai dengan caranya dalam memecahkan masalah ekonom

• Berfikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki
Masalah Pokok Ekonomi :
• Barang apa yang diproduksi.
• Bagaimana cara memproduksi.
• Untuk siapa barang diproduksi.

Sistem ekonomi :
• Pengertian Sistem ekonomi
• Macam-macam sistem ekonomi
• Kebaikan dan kelemahan sistem ekonomi.
• Cara memecahkan masalah ekonomi melalui sistem ekonomi yang dianut. • Mendiskusikan masalah pokok ekonomi : apa, bagaimana, dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi.

• Mengidentifikasi barang dan jasa apa, bagaimana cara memproduksi dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi melalui studi lapangan pada produsen barang dan jasa

• Mengkaji referensi tentang sistem ekonomi : pengertian, macam, dan kebaikan-kelemahan

• Mendiskusikan cara sistem ekonomi dalam memecahkan masalah ekonomi melalui contoh-contoh di berbagai negara • Tes tertulis
• Tes lisan
• Pengamatan
• Penugasan











4 - 2 (8)  Buku-buku ERLANGGA
 Buku-buku pegangan guru Penerbit Erlangga
 Koran
 Alam S
 Henry Hidayat
 Lingkungan sosial sekitar



Tenggarong,29 September 2011
Mengetahui,
Kepala SMK Ketopong Tenggarong Guru Bidang Studi




Dra. Hj. Satriah Simbolon,MM Pinto Rukmi Handayani, SE




NAMA SEKOLAH : SMK KETOPONG TENGGARONG
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
KELAS/SEMESTER : X/2
STANDAR KOMPETENSI : Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen termasuk permintaan, penawaran,
keseimbangan harga dan pasar
KODE KOMPETENSI : 4
ALOKASI WAKTU : 22 x 45 menit

Kompetensi Dasar Indikator Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
TM PS PI
4.1 Mendeskripsikan berbagai kegiatan ekonomi dan pelaku-pelakunya

• Kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi dideskripsikan sesuai dengan pengertiannya

• Pelaku-pelaku ekonomi diidentifikasi sesuai dengan peran dan pola interaksi diantara mereka

• Sikap dan perilaku pelaku-pelaku ekonomi untuk berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam disekitarnya dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki lingkungan yang sudah terjadi



• Produksi, distribusi, dan konsumsi sebagai kegiatan ekonomi utama :
- Pengertian dan tujuan produksi, distribusi, dan konsumsi.
- Fungsi produksi dan distribusi
• Pelaku-pelaku ekonomi :
- Produsen, konsumen, pemerintah, masyarakat luar negeri.
• Peran dan pola interaksi pelaku ekonomi • Mendiskusikan secara berkelompok tentang beberapa benda yang ada dikelas dalam kaitannya dengan kegiatan produksi, konsumsi, dan distribusi.

• Mengkaji referensi tentang pelaku-pelaku ekonomi : peran dan pola interaksi diantara mereka. • Tes lisan

• Tes tertulis

• Pengamatan 2
- -  Buku-buku ERLANGGA
 Buku-buku pegangan guru Penerbit Erlangga
 Koran
 Alam S
 Henry Hidayat
 Lingkungan sosial sekitar

4.2 Membedakan prinsip ekonomi dan motif ekonomi

• Motif ekonomi dideskripsikan sesuai dengan fungsinya sebagai landasan kegiatan ekonomi
• Contoh tindakan manusia dideskripsikan sesuai dengan prinsip ekonomi
• Contoh tindakan manusia dideskripsikan sesuai dengan berbagai motif ekonomi
• Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas, serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya

• Prinsip ekonomi

• Berbagai motif ekonomi • Menggali informasi tentang pengertian prinsip ekonomi dan motif ekonomi dan macamnya melalui studi pustaka
• Mendiskusikan berbagai contoh tindakan/kegiatan masyarakat yang dilandasi prinsip ekonomi dan motif-motif ekonomi • Tes lisan

• Penugasan
2
-  Buku-buku ERLANGGA
 Buku-buku pegangan guru Penerbit Erlangga
 Koran
 Alam S
 Henry Hidayat
 Lingkungan sosial sekitar

Kompetensi Dasar Indikator Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu
TM PS PI
4.3 Mendeskripsikan perilaku konsumen dan produsen

 Manfaat dan nilai suatu barang dideskripsikan sesuai dengan macamnya

 Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dideskripsikan sesuai dengan pembagiannya.

 Perilaku konsumsi diuraikan sesuai dengan macamnya.



 Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.

 Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelasaikan tugas-tugas. Perilaku konsumen dan produsen
• Manfaat dan nilai suatu barang

• Perilaku konsumen

• Perilaku produsen
 Membahas manfaat dan nilai suatu barang dan contoh-contohnya

 Mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dan produsen melalui studi pustaka

 Mendiskusikan secara berkelompok mengenai perilaku konsumen dan produsen • Tes tertulis
• Tes lisan
• Penugasan 2
- -  Buku-buku ERLANGGA
 Buku-buku pegangan guru Penerbit Erlangga
 Koran
 Alam S
 Henry Hidayat
 Lingkungan sosial sekitar

.4 Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran • Permintaan dan penawaran dideskripsikan sesuai dengan pengertiannya

• faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran dideskripsikan sesuai dengan jenisnya

• kurva permintaan dan penawaran digambarkan sesuai dengan contoh-contoh yang ada.









• Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.
Permintaan dan Penawaran
• Pengertian permintaan dan kurva permintaan.
• Faktor yang mempengaruhi permintaan.
• Pengertian penawaran dan kurva penawaran

• Faktor yang mempengaruhi penawaran
• Menggali informasi untuk menemukan arti permintaan dan penawaran.

• Mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran terhadap barang (misal lewat kliping koran).

• Menggambar kurva permintaan dan penawaran dari satu daftar transaksi ( misal : telur menjelang dan sesudah hari raya). • Tes tertulis
• Tes lisan
• Penugasan
2
- -  Buku-buku ERLANGGA
 Buku-buku pegangan guru Penerbit Erlangga
 Koran
 Alam S
 Henry Hidayat
 Lingkungan sosial sekitar





Kompetensi Dasar Indikator Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
TM PS PI
4.5 Menjelaskan hukum permintaan dan hukum penawaran serta asumsi yang mendasarinya
 hukum permintaan dan hukum penawaran dideskripsikan sesuai dengan asumsi-asumsi yang mendasari

 contoh penerapan hukum permintaan dan hukum penawaran ditunjukkan sesuai dengan kejadian dalam kehidupan di masyarakat.

 Fungsi penawaran dan fungsi permintaan dideskripsikan sesuai dengan pencermatan pada kurva



 Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.
• Hukum Permintaan dan Hukum Penawaran

• Fungsi Permintaan dan fungsi penawaran
• Menemukan hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya melalui pengkajian referensi.

• Mendiskusikan penerapan hukum permintaan dan penawaran terhadap barang dalam kehidupan di masyarakat (misal : lewat media koran).

• Menemukan fungsi permintaan dan penawaran melalui pencermatan kurva permintaan dan penawaran terhadap barang (misal jeruk pontianak). • Tes tertulis
• Tes lisan 4
- -  Buku-buku ERLANGGA
 Buku-buku pegangan guru Penerbit Erlangga
 Koran
 Alam S
 Henry Hidayat
 Lingkungan sosial sekitar

4.6 Mendeskripsikan pengertian harga keseimbangan dan elastisitas  Terbentuknya harga keseimbangan dideskripsikan sesuai dengan prosesnya
 proses terbentuknya harga keseimbangan dideskripsikan dengan menggunakan tabel dan gambar grafik
 Pergeseran titik keseimbangan dideskripsikan sesuai dengan sebab-sebabnya.
 elastisitas dideskripsikan sesuai dengan pengertian dan macam-macamnya
 elastisitas permintaan dan penawaran dihitung dengan menggunakan tabel, grafik dan matematis
 Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.
 Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar.



• Pengertian Harga Keseimbangan
• Menentukan harga keseimbangan
• Pergeseran titik keseimbangan
• Pengertian elastisitas dan macam- macamnya.
• Menentukan Elastisitas permintaan dan penawaran • Mendiskusikan proses terbentuknya harga keseimbangan dari suatu transaksi jual beli.
• Menentukan harga keseimbangan dengan menggunakan tabel, dan grafik
• Mengkaji referensi untuk merumuskan pengertian elastisitas dan macam-macam
elastisitas (misal : barang-barang elektronik dan barang kebutuhan pokok ).
• Menghitung elastisitas permintaan dan penawaran dengan menggunakan tabel, grafik dan matematis • Tes tertulis
• Tes lisan
• Penugasan
4
- -  Buku-buku ERLANGGA
 Buku-buku pegangan guru Penerbit Erlangga
 Koran
 Alam S
 Henry Hidayat
 Lingkungan sosial sekitar

Kompetensi Dasar Indikator Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
TM PS PI
4.7 Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar barang dan jasa
 berbagai pasar output (pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna)dideskripsikan sesuai dengan bentuknya

 contoh nyata berbagai bentuk pasar dideskripsikan sesuai dengan bentuknya

 Sikap dan tindakan yang menghargai berbagai perbedaan antara lain perbedaan agama, etnis, suku, pendapat, sikap dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya. Pasar output
• Pengertian pasar barang dan jasa
• Bentuk-bentuk Pasar barang (pasar output)
• Melakukan kajian referensi untuk mendeskripsikan pengertian dan bentuk-bentuk pasar barang dan jasa

• Menggali informasi mengenai contoh-contoh kongkrit yang ada di lingkungan dari tiap bentuk pasar melalui kunjungan lapangan • Tes tertulis
• Tes lisan
• Pengamatan
• Penugasan


4
- 2 (8)  Buku-buku ERLANGGA
 Buku-buku pegangan guru Penerbit Erlangga
 Koran
 Alam S
 Henry Hidayat
 Lingkungan sosial sekitar


Tenggarong, 29 September 2011
Mengetahui,
Kepala SMK KETOPONG TENGGARONG




Dra.Hj. Satriah Simbolon, MM Pinto Rukmi Handayani, SE



























NAMA SEKOLAH : SMK KETOPONG TENGGARONG
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
KELAS/SEMESTER : Xl/1
STANDAR KOMPETENSI : Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas sosial
KODE KOMPETENSI : 5
ALOKASI WAKTU : 12 x 45 menit

Kompetensi Dasar Indikator Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
TM PS PI
5.1 Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan  Struktur sosial dijelaskan `berdasarkan pengertian dan ciri-cirinya
 Struktur sosial dideskripsikan menurut fungsi dan bentuk-bentuknya • Pengertian dan ciri struktur sosial
• Fungsi dan bentuk-bentuk struktur sosial  Menggali informasi tentang struktur sosial berdasarkan pengertian dan ciri-cirinya.
 Berdiskusi tentang struktur sosial menurut fungsi dan bentuk-bentuknya • Tes tertulis
• Pengamatan 4 - -  Buku-buku ERLANGGA
 Buku-buku pegangan guru Penerbit Erlangga
 Koran
 Alam S
 Henry Hidayat
 Lingkungan sosial sekitar

5.2 Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat  Konflik sosial dijelaskan menurut pengertiannya
 Konflik sosial diidentifikasi berdasarkan faktor-faktor penyebabnya
 Konflik sosial diidentifikasi berdasarkan bentuk pengendaliannya
 Konflik sosial dianalisis berdasarkan dampak yang muncul • Pengertian konflik sosial
• Faktor-faktor penyebab konflik sosial
• Bentuk pengendalian konflik sosial
• Dampak konflik sosial  Menggali informasi tentang konflik sosial menurut pengertiannya
 Berdiskusi kelompok tentang konflik sosial berdasarkan faktor-faktor penyebabnya
 Berdiskusi kelas tentang konflik sosial berdasarkan bentuk pengendaliannya
 Tugas individu tentang konflik sosial berdasarkan dampak yang muncul • Tes lisan
• Tes tertulis
• Pengamatan
• Portofolio 8 - -









NAMA SEKOLAH : SMK KETOPONG TENGGARONG
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
KELAS/SEMESTER : XI/1
STANDAR KOMPETENSI : Mendeskripsikan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
KODE KOMPETENSI : 6
ALOKASI WAKTU : 20 x 45 menit

Kompetensi Dasar Indikator Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
TM PS PI
6. 1 Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
 Kelompok sosial dijelaskan berdasarkan pengertiannya
 Masyarakat multikultural dideskripsikan berdasarkan pengertiannya
 Kelompok sosial dan masyarakat multikultural dideskripsikan menurut hubungan yang ada • Pengertian kelompok sosial
• Pengertian masyarakat multikultural
• Hubungan kelompok sosial dengan masyarakat multikultural  Mengkaji referensi tentang kelompok sosial berdasarkan pengertiannya
 Berdiskusi tentang masyarakat multikultural berdasarkan pengertiannya
 Berdiskusi tentang hubungan kelompok sosial dengan masyarakat multikultural • Tes tertulis
• Pengamatan 6 - -  Buku-buku ERLANGGA
 Buku-buku pegangan guru Penerbit Erlangga
 Koran
 Alam S
 Henry Hidayat
 Lingkungan sosial sekitar

6. 2 Mendeskripsikan perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
 Masyarakat multikultural dideskripsikan menurut faktor penyebabnya
 Masyarakat multikultural di Indonesia diidentifikasi berdasarkan karakteristiknya • Faktor penyebab timbulnya masyarakat multikultural
• Karakteristik masyarakat multikultural di Indonesia  Tugas kelompok tentang masyarakat multikultural menurut faktor penyebabnya
 Berdiskusi kelas tentang masyarakat multikultural di Indonesia berdasarkan karakteristiknya • Tes tertulis
• Pengamatan
• Portofolio 6 - -






Kompetensi Dasar Indikator Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
TM PS PI
6. 3 Mendeskripsikan keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural • Solidaritas mekanik dan solidaritas organik dijelaskan menurut pendapat Durkheim
• Gemeinschaft dan gesselschaft dijelaskan menurut pendapat F. Tonnies
Kelompok primer dan kelompok sekunder dijelaskan menurut pendapat C.H. Cooley dan E. Farris
• In-group dan out-group dijelaskan menurut pendapat W.G. Sumner • Solidaritas mekanik dan solidaritas organik
• Gemeinschaft dan gesselschaft
• Kelompok primer dan kelompok sekunder
• In-group dan out-group Berdiskusi dan tugas kelompok tentang kelompok-kelompok sosial dalam masyarakat multikultural menurut beberapa tokoh sosiologi • Tes tertulis
• Performansi
• Pengamatan
• Portofolio 8 - -  Buku-buku ERLANGGA
 Buku-buku pegangan guru Penerbit Erlangga
 Koran
 Alam S
 Henry Hidayat
 Lingkungan sosial sekitar



Tenggarong, 29 September 2011
Mengetahui,
Kepala SMK Ketopong Tenggarong Guru bidang studi




Dra. Hj.Satriah Simbolon,MM Pinto Rukmi Handayani, SE




NAMA SEKOLAH : SMK KETOPONG TENGGARONG
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
KELAS/SEMESTER : XI/2
STANDAR KOMPETENSI : Memahami kesamaan dan keberagaman budaya
KODE KOMPETENSI : 7
ALOKASI WAKTU : 32 x 45 menit

Kompetensi Dasar Indikator Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
TM PS PI
7. 1 Mengidentifikasi berbagai budaya lokal, pengaruh budaya asing, dan hubungan antarbudaya  Budaya dan budaya lokal dijelaskan menurut pengertiannya
 Budaya dijelaskan berdasarkan unsur-unsurnya
 Budaya lokal di Indonesia diidentifikasi berdasarkan macam-macamnya
 Masuknya budaya asing diidentifikasi melalui dampak yang ditimbulkan
 Budaya diidentifikasi berdasarkan hubungannya antarbudaya • Pengertian budaya dan budaya lokal
• Unsur-unsur budaya
• Macam-macam budaya lokal di Indonesia
• Dampak masuknya budaya asing
• Hubungan antarbudaya
 Menyimak tentang pengertian budaya, budaya lokal, dan unsur-unsur budaya
 Berdiskusi tentang macam-macam budaya lokal di Indonesia
 Diskusi kelompok tentang dampak masuknya budaya asing
 Tugas kelompok tentang hubungan antarbudaya • Tes lisan
• Tes tertulis
• Performansi
• Pengamatan
• Portofolio 10 - -  Buku-buku ERLANGGA
 Buku-buku pegangan guru Penerbit Erlangga
 Koran
 Alam S
 Henry Hidayat
 Lingkungan sosial sekitar

7. 2 Mendeskripsikan potensi keberagaman budaya yang ada di masyarakat setempat dalam kaitannya dengan budaya nasional • Keberagaman budaya diidentifikasi berdasarkan faktor-faktor penyebabnya
• Keberagaman budaya dianalisis berdasarkan manfaatnya
• Contoh-contoh budaya lokal dideskripsikan sesuai kondisi masyarakat setempat • Faktor-faktor penyebab keberagaman budaya
• Manfaat keberagaman budaya
Contoh-contoh budaya lokal di masyarakat setempat
• Berdiskusi kelas tentang keberagaman budaya berdasarkan faktor-faktor penyebabnya dan manfaat keberagaman budaya
• Tugas individu tentang contoh-contoh budaya lokal sesuai kondisi masyarakat setempat • Tes tertulis
• Pengamatan
• Portofolio 8 - -
Kompetensi Dasar Indikator Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
TM PS PI
7. 3 Mengidentifikasi berbagai alternatif penyelesaian masalah akibat adanya keberagaman budaya • Keberagaman budaya dijelaskan berdasarkan masalah-masalah yang muncul
• Integrasi nasional dideskripsikan berdasarkan kepentingan dalam NKRI
 Menjaga keselarasan antarbudaya diidentifikasi berdasarkan peran pemerintah dan masyarakat • Masalah-masalah yang muncul akibat keberagaman budaya
• Pentingnya integrasi nasional
• Peran masyarakat dalam menjaga keselarasan antarbudaya
• Peran pemerintah dalam menjaga keselarasan antarbudaya • Berdiskusi tentang masalah-masalah yang muncul akibat keberagaman budaya
• Menyimak informasi tentang pentingnya integrasi nasional berdasarkan NKRI
 Berdiskusi kelompok tentang peran pemerintah dan masyarakat dalam menjaga keselarasan antarbudaya • Tes lisan
• Tes tertulis
• Pengamatan 8 - -  Buku-buku ERLANGGA
 Buku-buku pegangan guru Penerbit Erlangga
 Koran
 Alam S
 Henry Hidayat
 Lingkungan sosial sekitar

7. 4 Menunjukkan sikap toleransi dan empati sosial terhadap keberagaman budaya • Menghargai budaya orang lain ditunjukkan dalam sikap sehari-hari
 Menjaga dan melestarikan budaya lokal ditunjukkan dalam kehidupan sehari-hari • Menghargai budaya orang lain
• Menjaga dan melestarikan budaya lokal • Simulasi tentang menghargai budaya orang lain
• Bermain peran tentang menjaga dan melestarikan budaya lokal • Tes lisan
• Pengamatan
• Skala sikap
• Wawancara 6 - -




SILABUS IPS KELAS X
PINTO RUKMI HANDAYANI,SE




SMK KETOPONG TENGGARONG
YAYASAN KETOPONMG TENGGARONG
2011












































NAMA SEKOLAH : SMK KETOPONG TENGGARONG
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
KELAS/SEMESTER : X/1
STANDAR KOMPETENSI : Memahami kehidupan sosial manusia
KODE KOMPETENSI : 1
ALOKASI WAKTU : 12 X 45 menit

Kompetensi Dasar Indikator Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
TM PS PI
1.1 Mengidentifikasi interaksi sebagai proses sosial
 Interaksi sosial dijelaskan berdasarkan pengertiannya
 Proses sosial dijelaskan berdasarkan pengertiannya
 Interaksi sosial diidentifikasi menurut syarat-syaratnya
 Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya • Pengertian interaksi sosial
• Pengertian proses sosial
• Syarat interaksi sosial  Mengkaji referensi mengenai interaksi sosial berdasarkan pengertiannya
 Mengkaji referensi mengenai proses sosial berdasarkan pengertiannya
 Berdiskusi kelas tentang syarat interaksi sosial  Tes lisan
 Tes tertulis
 Pengamatan 4 - -
 Buku-buku ERLANGGA
 Buku-buku pegangan guru Penerbit Erlangga
 Koran
 Alam S
 Henry Hidayat
 Lingkungan sosial sekitar


1.2 Mendeskripsikan sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian
 Sosialisasi dijelaskan berdasarkan pengertiannya
 Sosialisasi diidentifikasi menurut media yang dilalui
 Pembentukan kepribadian dideskripsikan menurut faktor-faktor yang mempengaruhinya
 Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara bergaul dan bekerjasama dengan orang lain
• Pengertian sosialisasi
• Media sosialisasi
• Faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan kepribadian  Berdiskusi kelas tentang sosialisasi berdasarkan pengertiannya
 Tugas kelompok mengenai sosialisasi menurut media yang dilalui
 Berdiskusi tentang pembentukan kepribadian menurut faktor-faktor yang mempengaruhinya • Tes lisan
• Tes tertulis
• Performansi
• Pengamatan
• Portofolio 4 - -
1.3 Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial • Interaksi primer diidentifikasi berdasarkan fenomena sosial di lingkungan sekitar
• Interaksi sekunder diidentifikasi berdasarkan fenomena sosial di lingkungan sekitar
• Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan kepada oranag lain dan masyarakat yang membutuhkan • Interaksi primer
• Interaksi sekunder • Mengamati tentang interaksi primer berdasarkan fenomena sosial di lingkungan sekitar
• Tanya jawab tentang interaksi sekunder berdasarkan fenomena sosial di lingkungan sekitar • Tes lisan
• Tes tertulis
• Portofolio
• Pengamatan 4 - -
























NAMA SEKOLAH : SMK KETOPONG TENGGARONG
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
KELAS/SEMESTER : X/1
STANDAR KOMPETENSI : Memahami Proses Kebangkitan Nasional
KODE KOMPETENSI : 2
ALOKASI WAKTU : 22 x 45 menit

Kompetensi Dasar Indikator Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
TM PS PI
2.1 Menjelaskan proses perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat serta pengaruh yang ditimbulkannya di berbagai daerah
• Proses perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat dijelaskan berdasarkan pengaruh yang ditimbulkan di berbagai daerah
• sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajari dilihat dan didengar • Latar belakang kedatangan orang-orang Eropa di dunia Timur
• Masuknya kekuatan asing di Nusantara melalui kongsi perdagangan, perluasan kolonialisme dan imperialisme Barat serta terbentuknya pemerintahan Hindia-Belanda, Sistem Tanam paksa, Sistem Politik Pintu Terbuka dan Politik Etis
• Dampak sosial, ekonomi, politik, dan budaya akibat kolonialisme dan imperialisme Barat di Nusantara
• Perlawanan rakyat dan kerajaan-kerajaan di Nusantara dalam menentang kolonialisme dan imperialisme Barat

• Mendiskusikan latar belakang kedatangan orang-orang Eropa di dunia Timur
• Mencari sumber informasi tentang masuknya kekuatan asing di Nusantara melalui kongsi perdagangan perluasan kolonialisme dan imperialisme Barat serta terbentuknya pemerintahan Hindia-Belanda, Sistem Tanam Paksa, Sistem Politik Pintu Terbuka dan Politik Etis
• Mengidentifikasi dampak sosial, ekonomi,politik dan budaya akibat kolonialisme dan imperialisme di Nusantara
• Berdiskusi kelas mengenai perlawanan rakyat dan kerajaan-kerajaan di Nusantara dalam menentang kolonialisme dan imperialisme • Tes tertulis
• Tes lisan
• Observasi
• Performansi
• Portofolio 14 - -  Buku-buku ERLANGGA
 Buku-buku pegangan guru Penerbit Erlangga
 Koran
 Alam S
 Henry Hidayat
 Lingkungan sosial sekitar

Kompetensi Dasar Indikator Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu
TM PS PI
2.2 Menguraikan proses terbentuknya kesadaran nasional, identitas Indonesia dan pergerakan kebangsaan Indonesia • Proses terbentuknya kesadaran nasional, identitas nasional, identitas Indonesia dan pergerakan kebangsaan Indonesia diidentifikasi sesuai dengan corak perjuangannya




• Cara berfikir, bersikap dan berbuat yang membutuhkan kesetiaan, kepedulian dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi dan poltik bangsa • Faktor-faktor yang melatarbelakangi munculnya pergerakan nasional di Indonesia (faktor internal dan eksternal)
• Perkembangan pendidikan dan awal munculnya kesadaran nasional
• Bentuk dan strategi organisasi pergerakan Nasional Indonesia


• Gagasan persatuan dan kesatuan bangsa serta terbentuknya identitas kebangsaan Indonesia • Mendiskusikan faktor-faktor yang melatarbelakangi pergerakan nasional di Indonesia (faktor internal dan eksternal)
• Mendiskusikan perkembangan pendidikan dan awal munculnya kesadaran nasional
• Menganalisis bentuk dan strategi organisasi pergerakan Nasional Indonesia
• Mendiskusikan gagasan persatuan dan kesatuan bangsa serta terbentuknya identitas kebangsaan Indonesia
• Tes tertulis
• Tes lisan
• Performansi
• Portofolio
8 - -  Buku-buku ERLANGGA
 Buku-buku pegangan guru Penerbit Erlangga
 Koran
 Alam S
 Henry Hidayat
 Lingkungan sosial sekitar



NAMA SEKOLAH : SMK KETOPONG TENGGARONG
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
KELAS/SEMESTER : X/2
STANDAR KOMPETENSI : Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi
KODE KOMPETENSI : 3
ALOKASI WAKTU : 12 x 45 menit

Kompetensi Dasar Indikator Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
TM PS PI
3.1 Mengidentifikasi kebutuhan manusia  Kebutuhan manusia dideskripsikan sesuai dengan pengertiannya

 Kebutuhan manusia diindentifikasikan sesuai dengan macamnya


• Faktor yang mempengaruhi kebutuhan diidentifikasi sesuai dengan sifatnya
Kebutuhan Manusia
• Pengertian Kebutuhan
• Macam-macam kebutuhan


• Faktor yang mempengaruhi kebutuhan
• Mencari informasi tentang : pengertian kebutuhan, macam-macam kebutuhan manusia melalui berbagai macam sumber.

• Mendiskusikan secara berkelompok bermacam-macam kebutuhan manusia di daerah tempat tinggal siswa.


• Mendiskusikan secara berkelompok faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan di daerah tempat tinggal siswa.
• Tes lisan
• Tes tertulis
• Pengamatan 2
- -  Buku-buku ERLANGGA
 Buku-buku pegangan guru Penerbit Erlangga
 Koran
 Alam S
 Henry Hidayat
 Lingkungan sosial sekitar

3.2 Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
• Benda pemuas kebutuhan manusia diidentifikasi sesuai dengan jenis dan kegunaannya
• Kelangkaan dideskripsikan sesuai dengan pengertiannya • Jenis-jenis dan kegunaan benda pemuas kebutuhan manusia

• Pengertian kelangkaan
• Mendiskusikan secara berkelompok mengenai jenis dan kegunaan benda pemuas kebutuhan manusia serta contoh-contohnya dari berbagai sumber

• Mendiskusikan arti dan faktor penyebab kelangkaan di daerah setempat dan sekitarnya. • Tes tertulis
• Tes lisan
• Pengamatan
• Penugasan 4 - -


Kompetensi Dasar Indikator Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
TM PS PI
• Kelangkaan diidentifikasikan sesuai dengan faktor-faktor penyebabnya.

• Biaya peluang diidentifikasikan sesuai dengan pengertiannya

• Contoh biaya peluang ditunjukkan sesuai dengan penyebabnya




• Berfikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki

• Faktor penyebab kelangkaan

• Pengertian biaya peluang.

• Contoh biaya peluang pada kesempatan kerja.
• Mendiskusikan kegiatan pemilihan pemuasan kebutuhan untuk menemukan konsep biaya peluang.

• Mendiskusikan contoh biaya peluang pada kesempatan kerja bila melakukan produksi di bidang lain  Buku-buku ERLANGGA
 Buku-buku pegangan guru Penerbit Erlangga
 Koran
 Alam S
 Henry Hidayat
 Lingkungan sosial sekitar

3.3 Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi, yaitu tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi  Barang dan jasa diidentifikasi kan sesuai dengan apa, bagaimana, dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi

• Sistem ekonomi dideskripsikan sesuai dengan pengertiannya

• Sistem ekonomi dideskripsikan sesuai dengan macamnya

• Sistem ekonomi diidentifikasikan sesuai dengan caranya dalam memecahkan masalah ekonom

• Berfikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki
Masalah Pokok Ekonomi :
• Barang apa yang diproduksi.
• Bagaimana cara memproduksi.
• Untuk siapa barang diproduksi.

Sistem ekonomi :
• Pengertian Sistem ekonomi
• Macam-macam sistem ekonomi
• Kebaikan dan kelemahan sistem ekonomi.
• Cara memecahkan masalah ekonomi melalui sistem ekonomi yang dianut. • Mendiskusikan masalah pokok ekonomi : apa, bagaimana, dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi.

• Mengidentifikasi barang dan jasa apa, bagaimana cara memproduksi dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi melalui studi lapangan pada produsen barang dan jasa

• Mengkaji referensi tentang sistem ekonomi : pengertian, macam, dan kebaikan-kelemahan

• Mendiskusikan cara sistem ekonomi dalam memecahkan masalah ekonomi melalui contoh-contoh di berbagai negara • Tes tertulis
• Tes lisan
• Pengamatan
• Penugasan











4 - 2 (8)  Buku-buku ERLANGGA
 Buku-buku pegangan guru Penerbit Erlangga
 Koran
 Alam S
 Henry Hidayat
 Lingkungan sosial sekitar



Tenggarong,29 September 2011
Mengetahui,
Kepala SMK Ketopong Tenggarong Guru Bidang Studi




Dra. Hj. Satriah Simbolon,MM Pinto Rukmi Handayani, SE




NAMA SEKOLAH : SMK KETOPONG TENGGARONG
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
KELAS/SEMESTER : X/2
STANDAR KOMPETENSI : Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen termasuk permintaan, penawaran,
keseimbangan harga dan pasar
KODE KOMPETENSI : 4
ALOKASI WAKTU : 22 x 45 menit

Kompetensi Dasar Indikator Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
TM PS PI
4.1 Mendeskripsikan berbagai kegiatan ekonomi dan pelaku-pelakunya

• Kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi dideskripsikan sesuai dengan pengertiannya

• Pelaku-pelaku ekonomi diidentifikasi sesuai dengan peran dan pola interaksi diantara mereka

• Sikap dan perilaku pelaku-pelaku ekonomi untuk berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam disekitarnya dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki lingkungan yang sudah terjadi



• Produksi, distribusi, dan konsumsi sebagai kegiatan ekonomi utama :
- Pengertian dan tujuan produksi, distribusi, dan konsumsi.
- Fungsi produksi dan distribusi
• Pelaku-pelaku ekonomi :
- Produsen, konsumen, pemerintah, masyarakat luar negeri.
• Peran dan pola interaksi pelaku ekonomi • Mendiskusikan secara berkelompok tentang beberapa benda yang ada dikelas dalam kaitannya dengan kegiatan produksi, konsumsi, dan distribusi.

• Mengkaji referensi tentang pelaku-pelaku ekonomi : peran dan pola interaksi diantara mereka. • Tes lisan

• Tes tertulis

• Pengamatan 2
- -  Buku-buku ERLANGGA
 Buku-buku pegangan guru Penerbit Erlangga
 Koran
 Alam S
 Henry Hidayat
 Lingkungan sosial sekitar

4.2 Membedakan prinsip ekonomi dan motif ekonomi

• Motif ekonomi dideskripsikan sesuai dengan fungsinya sebagai landasan kegiatan ekonomi
• Contoh tindakan manusia dideskripsikan sesuai dengan prinsip ekonomi
• Contoh tindakan manusia dideskripsikan sesuai dengan berbagai motif ekonomi
• Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas, serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya

• Prinsip ekonomi

• Berbagai motif ekonomi • Menggali informasi tentang pengertian prinsip ekonomi dan motif ekonomi dan macamnya melalui studi pustaka
• Mendiskusikan berbagai contoh tindakan/kegiatan masyarakat yang dilandasi prinsip ekonomi dan motif-motif ekonomi • Tes lisan

• Penugasan
2
-  Buku-buku ERLANGGA
 Buku-buku pegangan guru Penerbit Erlangga
 Koran
 Alam S
 Henry Hidayat
 Lingkungan sosial sekitar

Kompetensi Dasar Indikator Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu
TM PS PI
4.3 Mendeskripsikan perilaku konsumen dan produsen

 Manfaat dan nilai suatu barang dideskripsikan sesuai dengan macamnya

 Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dideskripsikan sesuai dengan pembagiannya.

 Perilaku konsumsi diuraikan sesuai dengan macamnya.



 Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.

 Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelasaikan tugas-tugas. Perilaku konsumen dan produsen
• Manfaat dan nilai suatu barang

• Perilaku konsumen

• Perilaku produsen
 Membahas manfaat dan nilai suatu barang dan contoh-contohnya

 Mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dan produsen melalui studi pustaka

 Mendiskusikan secara berkelompok mengenai perilaku konsumen dan produsen • Tes tertulis
• Tes lisan
• Penugasan 2
- -  Buku-buku ERLANGGA
 Buku-buku pegangan guru Penerbit Erlangga
 Koran
 Alam S
 Henry Hidayat
 Lingkungan sosial sekitar

.4 Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran • Permintaan dan penawaran dideskripsikan sesuai dengan pengertiannya

• faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran dideskripsikan sesuai dengan jenisnya

• kurva permintaan dan penawaran digambarkan sesuai dengan contoh-contoh yang ada.









• Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.
Permintaan dan Penawaran
• Pengertian permintaan dan kurva permintaan.
• Faktor yang mempengaruhi permintaan.
• Pengertian penawaran dan kurva penawaran

• Faktor yang mempengaruhi penawaran
• Menggali informasi untuk menemukan arti permintaan dan penawaran.

• Mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran terhadap barang (misal lewat kliping koran).

• Menggambar kurva permintaan dan penawaran dari satu daftar transaksi ( misal : telur menjelang dan sesudah hari raya). • Tes tertulis
• Tes lisan
• Penugasan
2
- -  Buku-buku ERLANGGA
 Buku-buku pegangan guru Penerbit Erlangga
 Koran
 Alam S
 Henry Hidayat
 Lingkungan sosial sekitar





Kompetensi Dasar Indikator Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
TM PS PI
4.5 Menjelaskan hukum permintaan dan hukum penawaran serta asumsi yang mendasarinya
 hukum permintaan dan hukum penawaran dideskripsikan sesuai dengan asumsi-asumsi yang mendasari

 contoh penerapan hukum permintaan dan hukum penawaran ditunjukkan sesuai dengan kejadian dalam kehidupan di masyarakat.

 Fungsi penawaran dan fungsi permintaan dideskripsikan sesuai dengan pencermatan pada kurva



 Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.
• Hukum Permintaan dan Hukum Penawaran

• Fungsi Permintaan dan fungsi penawaran
• Menemukan hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya melalui pengkajian referensi.

• Mendiskusikan penerapan hukum permintaan dan penawaran terhadap barang dalam kehidupan di masyarakat (misal : lewat media koran).

• Menemukan fungsi permintaan dan penawaran melalui pencermatan kurva permintaan dan penawaran terhadap barang (misal jeruk pontianak). • Tes tertulis
• Tes lisan 4
- -  Buku-buku ERLANGGA
 Buku-buku pegangan guru Penerbit Erlangga
 Koran
 Alam S
 Henry Hidayat
 Lingkungan sosial sekitar

4.6 Mendeskripsikan pengertian harga keseimbangan dan elastisitas  Terbentuknya harga keseimbangan dideskripsikan sesuai dengan prosesnya
 proses terbentuknya harga keseimbangan dideskripsikan dengan menggunakan tabel dan gambar grafik
 Pergeseran titik keseimbangan dideskripsikan sesuai dengan sebab-sebabnya.
 elastisitas dideskripsikan sesuai dengan pengertian dan macam-macamnya
 elastisitas permintaan dan penawaran dihitung dengan menggunakan tabel, grafik dan matematis
 Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.
 Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar.



• Pengertian Harga Keseimbangan
• Menentukan harga keseimbangan
• Pergeseran titik keseimbangan
• Pengertian elastisitas dan macam- macamnya.
• Menentukan Elastisitas permintaan dan penawaran • Mendiskusikan proses terbentuknya harga keseimbangan dari suatu transaksi jual beli.
• Menentukan harga keseimbangan dengan menggunakan tabel, dan grafik
• Mengkaji referensi untuk merumuskan pengertian elastisitas dan macam-macam
elastisitas (misal : barang-barang elektronik dan barang kebutuhan pokok ).
• Menghitung elastisitas permintaan dan penawaran dengan menggunakan tabel, grafik dan matematis • Tes tertulis
• Tes lisan
• Penugasan
4
- -  Buku-buku ERLANGGA
 Buku-buku pegangan guru Penerbit Erlangga
 Koran
 Alam S
 Henry Hidayat
 Lingkungan sosial sekitar

Kompetensi Dasar Indikator Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
TM PS PI
4.7 Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar barang dan jasa
 berbagai pasar output (pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna)dideskripsikan sesuai dengan bentuknya

 contoh nyata berbagai bentuk pasar dideskripsikan sesuai dengan bentuknya

 Sikap dan tindakan yang menghargai berbagai perbedaan antara lain perbedaan agama, etnis, suku, pendapat, sikap dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya. Pasar output
• Pengertian pasar barang dan jasa
• Bentuk-bentuk Pasar barang (pasar output)
• Melakukan kajian referensi untuk mendeskripsikan pengertian dan bentuk-bentuk pasar barang dan jasa

• Menggali informasi mengenai contoh-contoh kongkrit yang ada di lingkungan dari tiap bentuk pasar melalui kunjungan lapangan • Tes tertulis
• Tes lisan
• Pengamatan
• Penugasan


4
- 2 (8)  Buku-buku ERLANGGA
 Buku-buku pegangan guru Penerbit Erlangga
 Koran
 Alam S
 Henry Hidayat
 Lingkungan sosial sekitar


Tenggarong, 29 September 2011
Mengetahui,
Kepala SMK KETOPONG TENGGARONG




Dra.Hj. Satriah Simbolon, MM Pinto Rukmi Handayani, SE



























NAMA SEKOLAH : SMK KETOPONG TENGGARONG
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
KELAS/SEMESTER : Xl/1
STANDAR KOMPETENSI : Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas sosial
KODE KOMPETENSI : 5
ALOKASI WAKTU : 12 x 45 menit

Kompetensi Dasar Indikator Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
TM PS PI
5.1 Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan  Struktur sosial dijelaskan `berdasarkan pengertian dan ciri-cirinya
 Struktur sosial dideskripsikan menurut fungsi dan bentuk-bentuknya • Pengertian dan ciri struktur sosial
• Fungsi dan bentuk-bentuk struktur sosial  Menggali informasi tentang struktur sosial berdasarkan pengertian dan ciri-cirinya.
 Berdiskusi tentang struktur sosial menurut fungsi dan bentuk-bentuknya • Tes tertulis
• Pengamatan 4 - -  Buku-buku ERLANGGA
 Buku-buku pegangan guru Penerbit Erlangga
 Koran
 Alam S
 Henry Hidayat
 Lingkungan sosial sekitar

5.2 Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat  Konflik sosial dijelaskan menurut pengertiannya
 Konflik sosial diidentifikasi berdasarkan faktor-faktor penyebabnya
 Konflik sosial diidentifikasi berdasarkan bentuk pengendaliannya
 Konflik sosial dianalisis berdasarkan dampak yang muncul • Pengertian konflik sosial
• Faktor-faktor penyebab konflik sosial
• Bentuk pengendalian konflik sosial
• Dampak konflik sosial  Menggali informasi tentang konflik sosial menurut pengertiannya
 Berdiskusi kelompok tentang konflik sosial berdasarkan faktor-faktor penyebabnya
 Berdiskusi kelas tentang konflik sosial berdasarkan bentuk pengendaliannya
 Tugas individu tentang konflik sosial berdasarkan dampak yang muncul • Tes lisan
• Tes tertulis
• Pengamatan
• Portofolio 8 - -









NAMA SEKOLAH : SMK KETOPONG TENGGARONG
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
KELAS/SEMESTER : XI/1
STANDAR KOMPETENSI : Mendeskripsikan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
KODE KOMPETENSI : 6
ALOKASI WAKTU : 20 x 45 menit

Kompetensi Dasar Indikator Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
TM PS PI
6. 1 Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
 Kelompok sosial dijelaskan berdasarkan pengertiannya
 Masyarakat multikultural dideskripsikan berdasarkan pengertiannya
 Kelompok sosial dan masyarakat multikultural dideskripsikan menurut hubungan yang ada • Pengertian kelompok sosial
• Pengertian masyarakat multikultural
• Hubungan kelompok sosial dengan masyarakat multikultural  Mengkaji referensi tentang kelompok sosial berdasarkan pengertiannya
 Berdiskusi tentang masyarakat multikultural berdasarkan pengertiannya
 Berdiskusi tentang hubungan kelompok sosial dengan masyarakat multikultural • Tes tertulis
• Pengamatan 6 - -  Buku-buku ERLANGGA
 Buku-buku pegangan guru Penerbit Erlangga
 Koran
 Alam S
 Henry Hidayat
 Lingkungan sosial sekitar

6. 2 Mendeskripsikan perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
 Masyarakat multikultural dideskripsikan menurut faktor penyebabnya
 Masyarakat multikultural di Indonesia diidentifikasi berdasarkan karakteristiknya • Faktor penyebab timbulnya masyarakat multikultural
• Karakteristik masyarakat multikultural di Indonesia  Tugas kelompok tentang masyarakat multikultural menurut faktor penyebabnya
 Berdiskusi kelas tentang masyarakat multikultural di Indonesia berdasarkan karakteristiknya • Tes tertulis
• Pengamatan
• Portofolio 6 - -






Kompetensi Dasar Indikator Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
TM PS PI
6. 3 Mendeskripsikan keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural • Solidaritas mekanik dan solidaritas organik dijelaskan menurut pendapat Durkheim
• Gemeinschaft dan gesselschaft dijelaskan menurut pendapat F. Tonnies
Kelompok primer dan kelompok sekunder dijelaskan menurut pendapat C.H. Cooley dan E. Farris
• In-group dan out-group dijelaskan menurut pendapat W.G. Sumner • Solidaritas mekanik dan solidaritas organik
• Gemeinschaft dan gesselschaft
• Kelompok primer dan kelompok sekunder
• In-group dan out-group Berdiskusi dan tugas kelompok tentang kelompok-kelompok sosial dalam masyarakat multikultural menurut beberapa tokoh sosiologi • Tes tertulis
• Performansi
• Pengamatan
• Portofolio 8 - -  Buku-buku ERLANGGA
 Buku-buku pegangan guru Penerbit Erlangga
 Koran
 Alam S
 Henry Hidayat
 Lingkungan sosial sekitar



Tenggarong, 29 September 2011
Mengetahui,
Kepala SMK Ketopong Tenggarong Guru bidang studi




Dra. Hj.Satriah Simbolon,MM Pinto Rukmi Handayani, SE




NAMA SEKOLAH : SMK KETOPONG TENGGARONG
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
KELAS/SEMESTER : XI/2
STANDAR KOMPETENSI : Memahami kesamaan dan keberagaman budaya
KODE KOMPETENSI : 7
ALOKASI WAKTU : 32 x 45 menit

Kompetensi Dasar Indikator Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
TM PS PI
7. 1 Mengidentifikasi berbagai budaya lokal, pengaruh budaya asing, dan hubungan antarbudaya  Budaya dan budaya lokal dijelaskan menurut pengertiannya
 Budaya dijelaskan berdasarkan unsur-unsurnya
 Budaya lokal di Indonesia diidentifikasi berdasarkan macam-macamnya
 Masuknya budaya asing diidentifikasi melalui dampak yang ditimbulkan
 Budaya diidentifikasi berdasarkan hubungannya antarbudaya • Pengertian budaya dan budaya lokal
• Unsur-unsur budaya
• Macam-macam budaya lokal di Indonesia
• Dampak masuknya budaya asing
• Hubungan antarbudaya
 Menyimak tentang pengertian budaya, budaya lokal, dan unsur-unsur budaya
 Berdiskusi tentang macam-macam budaya lokal di Indonesia
 Diskusi kelompok tentang dampak masuknya budaya asing
 Tugas kelompok tentang hubungan antarbudaya • Tes lisan
• Tes tertulis
• Performansi
• Pengamatan
• Portofolio 10 - -  Buku-buku ERLANGGA
 Buku-buku pegangan guru Penerbit Erlangga
 Koran
 Alam S
 Henry Hidayat
 Lingkungan sosial sekitar

7. 2 Mendeskripsikan potensi keberagaman budaya yang ada di masyarakat setempat dalam kaitannya dengan budaya nasional • Keberagaman budaya diidentifikasi berdasarkan faktor-faktor penyebabnya
• Keberagaman budaya dianalisis berdasarkan manfaatnya
• Contoh-contoh budaya lokal dideskripsikan sesuai kondisi masyarakat setempat • Faktor-faktor penyebab keberagaman budaya
• Manfaat keberagaman budaya
Contoh-contoh budaya lokal di masyarakat setempat
• Berdiskusi kelas tentang keberagaman budaya berdasarkan faktor-faktor penyebabnya dan manfaat keberagaman budaya
• Tugas individu tentang contoh-contoh budaya lokal sesuai kondisi masyarakat setempat • Tes tertulis
• Pengamatan
• Portofolio 8 - -
Kompetensi Dasar Indikator Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
TM PS PI
7. 3 Mengidentifikasi berbagai alternatif penyelesaian masalah akibat adanya keberagaman budaya • Keberagaman budaya dijelaskan berdasarkan masalah-masalah yang muncul
• Integrasi nasional dideskripsikan berdasarkan kepentingan dalam NKRI
 Menjaga keselarasan antarbudaya diidentifikasi berdasarkan peran pemerintah dan masyarakat • Masalah-masalah yang muncul akibat keberagaman budaya
• Pentingnya integrasi nasional
• Peran masyarakat dalam menjaga keselarasan antarbudaya
• Peran pemerintah dalam menjaga keselarasan antarbudaya • Berdiskusi tentang masalah-masalah yang muncul akibat keberagaman budaya
• Menyimak informasi tentang pentingnya integrasi nasional berdasarkan NKRI
 Berdiskusi kelompok tentang peran pemerintah dan masyarakat dalam menjaga keselarasan antarbudaya • Tes lisan
• Tes tertulis
• Pengamatan 8 - -  Buku-buku ERLANGGA
 Buku-buku pegangan guru Penerbit Erlangga
 Koran
 Alam S
 Henry Hidayat
 Lingkungan sosial sekitar

7. 4 Menunjukkan sikap toleransi dan empati sosial terhadap keberagaman budaya • Menghargai budaya orang lain ditunjukkan dalam sikap sehari-hari
 Menjaga dan melestarikan budaya lokal ditunjukkan dalam kehidupan sehari-hari • Menghargai budaya orang lain
• Menjaga dan melestarikan budaya lokal • Simulasi tentang menghargai budaya orang lain
• Bermain peran tentang menjaga dan melestarikan budaya lokal • Tes lisan
• Pengamatan
• Skala sikap
• Wawancara 6 - -




SILABUS IPS KELAS X
PINTO RUKMI HANDAYANI,SE




SMK KETOPONG TENGGARONG
YAYASAN KETOPONMG TENGGARONG
2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar